DINAS DIKBUDPORA
KOTA METRO
|
MonthIy
January
2014
|
ENGLISH COMMUNITY
BULLETIN
|
01
|
Edition
|
(Dra. LIDIA ENDI SULANDARI, M.Pd)
Preface
|
Praise to God, we can publish this
ENGLISH COMMUNITY BULLETIN for monthly-1 January 2014. This
bulletin will describe a lot about LESSON
PLAN,
the pattern, the rule, the example and all the problem in making lesson plan. As
additional article this bulletin
also tells about some kinds of Instructional method. This bulletin will publish periodically in every two
weeks. Teachers can ask everything about teaching
English and sharing experience about
that.
In the next edition we will talk about Curriculum 2013.
Hope your suggestion to
make it better.
Thank you.
SUPERVISOR:
Dra. LIDIA
ENDI SULANDARI, M.Pd
NIP 19640725 199802
2 001
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN
PEMUDA DAN OLAHRAGA, KOTA METRO – LAMPUNG
|
SMP Negeri 5 Metro
A. Pengertian RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasianpembelajaranuntuk mencapai satu kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam Standar Isi
.Rencana pelaksanaan pembelajaran memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasi lbelajar (PP No. 19 Tahun 2005 tentangStándarNasionalPendidikanPasal
20).LingkupRencanaPembelajaran paling luasmencakup 1 (satu) kompetensidasar
yang terdiriatas 1 (satu) ataubeberapaindikatoruntuk 1 (satu) kali pertemuanataulebih.UntukmatapelajaranKelompok
Program Produktif, RPP dapatmencakuplebihdarisatukompetensidasar.
dijabarkandarisilabusuntukmengarahkankegiatanbelajarpesertadidikdalamupayamencapaiKompetensiDasar
(KD).Setiap guru pada satuan pendidikan
berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis serta menerapkannya
pada kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dirancang pada RPP
diharapkan dapat mewujudkan pembelajaran yang interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,
serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian
sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta
didik (PP Nomor 19 Tahun 2005 , Pasal 19).
B. Prinsip Pengembangan RPP
RPP disusun
berdasarkan rancangan yang terdapat pada silabus atau dengan kata lain RPP
merupakan uraian lebih lanjut dari silabus.
Oleh karena itu
prinsip pengembangan silabus juga merupakan prinsip pengembangan RPP
1.
Ilmiah
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam
RPP harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
2. Relevan
Cakupan, kedalaman, tingkatkesukarandanurutanpenyajianmateridalam
RPP sesuaidengantingkatperkembanganfisik, intelektual, sosial, emosional, dan
spiritual pesertadidik.
3. Sistematis
Komponen-komponen RPP
salingberhubungansecarafungsionaldalammencapaikompetensi.
4. Konsisten
Adanyahubungan yang konsisten (ajeg, taatasas)
antarakompetensidasar, indikator, materipembelajaran, metodepembelajaran,
kegiatanpembelajaran, sumberbelajar, dansistempenilaian.
5. Memadai
Cakupanindikator, materipokok,
kegiatanpembelajaran, sumberbelajar, dansistempenilaiancukupuntukmenunjangpencapaiankompetensidasar.
6. Aktualdankontekstual
Cakupanindikator, materipokok,
kegiatanpembelajaran, sumberbelajar,
dansistempenilaianmemperhatikanperkembanganilmu, teknologi,
dansenimutakhirdalamkehidupannyata, danperistiwa yang terjadi.
7. Fleksibel
Keseluruhankomponen RPP
dapatmengakomodasivariasipesertadidiksertadinamikaperubahan yang terjadi di
sekolahdantuntutanmasyarakat.
8. Menyeluruh
Materi RPP mencakupkeseluruhanranahkompetensi
(kognitif, afektif, danpsikomotor) yang akandicapaiuntukmendukungketercapaianStandarKompetensidanKompetensiDasar.
KOMPONEN DAN
PENYUSUNAN RPP
RPP disusun melalui
langkah-langkah berikut:
1. Mengkaji standar
kompetensi dan kompetensi dasar yang tertuang pada silabus, dengan
memperhatikan:
a. Keterkaitan antar standar
kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat pada silabus.
b. Ruang lingkup SK.
2.
Menyusun SK ,KD dan indikator sesuai dengan RPP yang akan
disusun. SK,KD dan indikator sebagai mana
yang terdapat pada silabus.
3. Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK, KD, dan Indikator yang
telah ditentukan. Rumusan tujuan pembelajaran lebih rinci dari KD dan
Indikator, tetapi adakalanya rumusan
tujuan pembelajaran sama dengan indikator, karena indikator sudah sangat rinci
sehingga tidak dapat dijabarkan lagi.
4.
Mengidentifikasi
materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
Materi ajar merupakan uraian dari materi pokok/pembelajaran yang terdapat pada
silabus.
5.
Menentukan metode
pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan
untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal,
inti, dan akhir. Kegiatan awal
merupakan kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi
dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran.
Kegiatan inti
merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan
secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta
didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi
prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan
secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan
konfirmasi. Kegiatan pembelajaran yang
disusun dalam silabus, diuraikan pada kegiatan inti.
Kegiatan
akhir merupakan kegiatan penutup yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas
pembelajaran,
6.
Menentukan
alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan.
7. Menyusun perangkat penilaian meliputi
lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran, dll.
Penjelasan berikut merupakan contoh penyusunan RPP sesuai
dengan langkah-langkah diatas.
Komponen RPP
|
Mengkaji
SK,KD dan indicator
|
|
MateriPembelajaran
|
KegiatanPembelajaran
|
Alat,
BahandanSumberBelajar
|
PenilaianHasilBelajar
|
|
TujuanPembelajaran
|
Metode
|
Indikator
|
StandarKompetensidanKompetensiDasar
|
Kegiatanawal
|
Kegiataninti
|
Kegiatanakhir
|
PENYUSUNAN RPP
Diagram Alur Penyusunan RPP
Komponen dan Format RPP Isi dengan
penjelasan pengisian
1. Komponen RPP
a. Identitas
Identitas RPP meliputi: satuan pendidikan, kelas,
semester, Kompetensi Keahlian, mata pelajaran, jumlah pertemuan, dan alokasi
waktu. Satuan pendidikan diisi dengan
nama SMK; kelas diisi dengan tingkatan
kelas dimana kompetensi akan diajarkan; semester diisi dengan nama semester
dimana kompetensi akan diajarkan; mata
pelajaran diisi dengan nama mata pelajaran yang merupakan standar kompetensi; jumlah pertemuan diisi dengan frekuensi
pertemuan untuk RPP yang disusun;
alokasi waktu diisi dengan jumlah total waktu yang dibutuhkan untuk RPP
bersangkutan @ 45 menit.
b. Standar kompetensi
Standar kompetensi (SK) diisi dengan rumusan SK pada silabus.
c.
Kompetensi
dasar
Kompetensi dasar (KD) diisi dengan rumusan KD silabus.
d. Indikator pencapaian kompetensi
Indikator diisi dengan rumusan indikator silabus untuk
setiap KD.
e. Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk
kata kerja operasional yang terukur.
Tujuan pembelajaran diturunkan
dari indikator atau merupakan jabaran lebih rinci dari
indikator.
Perumusan
tujuan pembelajaran memperhatikan hal-hal berikut:
1) Audience adalah peserta didik;
2) Behaviour merupakan perubahan perilaku peserta didik yang diharapkan setelah mengikuti
pembelajaran;
3) Condition adalah prasyarat dan kondisi yang harus disediakan agar
tujuan pembelajaran tercapai;
4) Degreeadalahukurantingkatatau
level kemampuan yang harusdicapaipesertadidik.
f.
Materi ajar
Materi ajar RPP merupakan uraian lebih rinci dari materi pokok pembelajaran
silabus. Materi ajar dapat dirumuskan
berdasarkan tujuan pembelajaran, karena
materi ajar harus dapat mendukung
ketercapaian tujuan pembelajaran.
g.
Metode
pembelajaran
Metode pembelajaran dirumuskan berdasarkan metode
pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
h. Kegiatan
pembelajaran
1) Kegiatan awal
Kegiatan awal
diisi antara lain dengan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari, tujuan
dan manfaat yang akan diperoleh; pre-test atau hal lain guna mengkondisikan dan
menyiapkan peserta didik untuk kegiatan pembelajaran.
2) Kegiatan inti
Kegiatan inti
diisi dengan uraian kegiatan yang lebih rinci dari kegiatan pembelajaran pada
silabus.
3) Kegiatan akhir
Kegiatan akhir
dapat dirumuskan dalam bentuk kegiatan rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan
refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
i. Alat, Bahan dan
Sumber belajar
Alat, bahan dan
sumber belajar diisi dengan seluruh fasilitas belajar yang digunakan dapat
berupa antara lain bahan praktik, alat simulasi, bahan ajar dan sebagainya.
j. Penilaian hasil
belajar
Penilaian hasil belajar
dapat dirumuskan berdasarkan teknik penilaian hasil belajar yang digunakan,
dapat berupa tes, observasi, penugasan, dan portofolio.
CONTOH RPP
ANNOUNCEMENT
|
FOR ALL ENGLISH TEACHERS,
YOUR
SUPERVISOR WILL EXAMINE YOUR RPP / LESSON PLAN AFTER TWO WEEKS. I WILL PUBLISH THE BEST ONE AS THE
EXAMPLE.
SO…………………….. BE READY FOR THAT
THANK YOU
IF YOU
HAVE PROBLEM JUST CONTACT
0821175013368
Email: lidiaendi@yahoo.co.id
Email: lidiasulandari@gmail.com
Facebook:
sulandari sulandari
Twitter: Lidia@25
f
|
NAMA SEKOLAH DAN GURU BINAAN 2013/2014
N0
|
NAMA SEKOLAH
|
NAMA GURU BINAAN
|
1
|
SMP
N 1 Kota Metro
|
Sunanto, S.Pd., M.Pd
|
2
|
Juriah, S.Pd
|
|
3
|
Pariama Sihombing, S.Pd
|
|
4
|
Atik Damayanti, S.Pd
|
|
5
|
SMP
N 2 Kota Metro
|
Syarifah, S.Pd
|
6
|
Bainah, S.Pd
|
|
7
|
Demsi Marpaung, S.Pd
|
|
8
|
Agustina Widiastuti, S.Pd
|
|
9
|
SMP
N 3 Kota Metro
|
Gustin Darwis, S.Pd
|
10
|
Santi Budiwati, S.Pd, M.Pd
|
|
11
|
Hj. Nita Eryani, S.Pd
|
|
12
|
Dra. Yusnani
|
|
13
|
Iranita, S.Pd
|
|
14
|
Hj. Siti Maryam, S.Pd
|
|
15
|
SMP
N 4 Kota Metro
|
Rustinawati, S.Pd
|
16
|
Aria Septi A, S.Pd
|
|
17
|
Ratminingsih, S.P
|
|
18
|
Theresia Lisu Datu, S.Pd
|
|
19
|
Hermiati, S.Pd
|
|
20
|
SMP
N 5 Kota Metro
|
Hj. Imas Sabnah, S.Pd
|
21
|
Asih Kusminah, S.Pd
|
|
22
|
Jum’at, S.Pd
|
|
23
|
Tri Wihar S, S.Pd
|
|
24
|
SMP
N 6 Kota Metro
|
Srikanarsih, S.Pd
|
25
|
Dwi Widodo, S.Pd
|
|
26
|
Siti Supinah, S.Pd
|
|
27
|
Makno
|
|
28
|
|
|
29
|
|
|
30
|
SMP
N 7 Kota Metro
|
Retno HS, S.Pd, M.Pd
|
31
|
Ika Rokhmawati, S.Pd
|
|
32
|
Wagino, S.Pd
|
|
33
|
SMP
N 8 Kota Metro
|
Siswanti, S.Pd
|
34
|
Agustinus Yuwono, S.Pd
|
|
35
|
Nora Damayanti, A.Md
|
|
36
|
SMP
N 9 Kota Metro
|
Nurhayati, S.Pd
|
37
|
Adha M, S.Pd
|
|
38
|
Lia Apriani, S.Pd
|
|
39
|
Dariyanto, S.Pd
|
|
40
|
Rima Zopha, S.Pd
|
|
41
|
SMP N 10 Kota
Metro
|
Mahyudin Effendi, S.Pd
|
42
|
Masfiadi, S.Pd
|
|
43
|
SMP Muhammadiyah I
|
Drs. Marwan Arifin
|
44
|
Riyanto, S.Pd
|
|
45
|
Al Hafidz Ibnu B, S.Pd
|
|
46
|
SMP Muhammadiyah 2
|
Gampil Waheni, S.Pd
|
47
|
SMP Muhammadiyah 3
|
Laila Qomariah, S.Pd
|
48
|
SMP Muhammadiyah 4
|
Heni Noviana, S.Pd
|
49
|
SMP Maarif 1
|
Maryani, S.Pd
|
50
|
Dellia Astuti, S.Pd
|
|
51
|
SMP Maarif 5
|
Jumilah, S.Pd
|
52
|
Sriyati, S.Pd.Ing
|
|
53
|
SMP Kartika
|
Mardiani, S.Pd
|
54
|
Muryani, S.Pd
|
|
55
|
Erni Ratnawati, S.S
|
|
56
|
Krisna Yanti, S.S
|
|
57
|
SMP Kristen 1
|
Ani Hermanissiwi, S.Pd
|
58
|
SMP TMI
|
Lena Hendiana, S.Pd
|
59
|
SMP Xaverius
|
W. Andaru Winardi
|
60
|
Fransisca Octi Wahyuni,
S.Pd
|
|
61
|
SMP YPI 2
|
Sujimat, S.Ag
|
62
|
Ferry Anggi Irawan, S.Pd
|
|
63
|
SMP Yos Sudarso
|
Dewi Sartika, S.Pd
|
EDUCATION RULES
|
L
.
.
.
.
..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar