Rabu, 09 April 2014


DINAS DIKBUDPORA
KOTA METRO
MonthIy
January
2014
ENGLISH COMMUNITY BULLETIN
                                       
01
Edition

MEDIA KOMUNIKASI PENGAWAS DAN GURU BAHASA INGGRIS
 
                               (Dra. LIDIA ENDI SULANDARI,  M.Pd)                                                
Preface

 

Praise to God, we can publish this ENGLISH COMMUNITY BULLETIN  for monthly-1 January 2014. This bulletin will describe a lot about  LESSON PLAN, the pattern, the rule, the example and all the problem in making lesson plan. As additional  article this bulletin also tells about some kinds of Instructional method. This bulletin  will publish periodically in every two weeks. Teachers can ask everything about teaching English and sharing experience about  that.

In the next edition we will talk about Curriculum 2013.
Hope your suggestion to make it better.

 Thank you.

SUPERVISOR:
Dra. LIDIA ENDI SULANDARI, M.Pd
NIP 19640725 199802 2 001

DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA, KOTA METRO – LAMPUNG



 













SMP Negeri 5 Metro
A.   Pengertian RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasianpembelajaranuntuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi
.Rencana pelaksanaan pembelajaran memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasi lbelajar (PP No. 19 Tahun 2005 tentangStándarNasionalPendidikanPasal 20).LingkupRencanaPembelajaran paling luasmencakup 1 (satu) kompetensidasar yang terdiriatas 1 (satu) ataubeberapaindikatoruntuk 1 (satu) kali  pertemuanataulebih.UntukmatapelajaranKelompok Program Produktif, RPP dapatmencakuplebihdarisatukompetensidasar.
dijabarkandarisilabusuntukmengarahkankegiatanbelajarpesertadidikdalamupayamencapaiKompetensiDasar (KD).Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyu­sun RPP secara lengkap dan sistematis serta menerapkannya pada kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dirancang pada RPP diharapkan dapat mewujudkan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik (PP Nomor 19 Tahun 2005 , Pasal 19).
B.   Prinsip Pengembangan RPP
RPP disusun berdasarkan rancangan yang terdapat pada silabus atau dengan kata lain RPP merupakan uraian lebih lanjut dari silabus. 



Oleh karena itu prinsip pengembangan silabus juga merupakan prinsip pengembangan RPP
1.    Ilmiah
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam RPP harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
2.    Relevan
Cakupan, kedalaman, tingkatkesukarandanurutanpenyajianmateridalam RPP sesuaidengantingkatperkembanganfisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual pesertadidik.
3.    Sistematis
Komponen-komponen RPP salingberhubungansecarafungsionaldalammencapaikompetensi.
4.    Konsisten
Adanyahubungan yang konsisten (ajeg, taatasas) antarakompetensidasar, indikator, materipembelajaran, metodepembelajaran, kegiatanpembelajaran, sumberbelajar, dansistempenilaian.
5.    Memadai
Cakupanindikator, materipokok, kegiatanpembelajaran, sumberbelajar, dansistempenilaiancukupuntukmenunjangpencapaiankompetensidasar.
6.    Aktualdankontekstual
Cakupanindikator, materipokok, kegiatanpembelajaran, sumberbelajar, dansistempenilaianmemperhatikanperkembanganilmu, teknologi, dansenimutakhirdalamkehidupannyata, danperistiwa yang terjadi.
7.    Fleksibel
Keseluruhankomponen RPP dapatmengakomodasivariasipesertadidiksertadinamikaperubahan yang terjadi di sekolahdantuntutanmasyarakat.
8.    Menyeluruh
Materi RPP mencakupkeseluruhanranahkompetensi (kognitif, afektif, danpsikomotor) yang akandicapaiuntukmendukungketercapaianStandarKompetensidanKompetensiDasar.
KOMPONEN DAN PENYUSUNAN RPP
RPP disusun melalui langkah-langkah berikut:
1.     Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar yang tertuang pada silabus, dengan memperhatikan:
                 a.    Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat pada silabus. 
                b.    Ruang lingkup SK.
2.     Menyusun SK ,KD dan indikator sesuai dengan RPP yang akan disusun.  SK,KD dan indikator  sebagai mana  yang terdapat pada silabus.
3.     Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK, KD, dan Indikator yang telah ditentukan. Rumusan tujuan pembelajaran lebih rinci dari KD dan Indikator, tetapi  adakalanya rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator, karena indikator sudah sangat rinci sehingga tidak dapat dijabarkan lagi.
4.     Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus. Materi ajar merupakan uraian dari materi pokok/pembelajaran yang terdapat pada silabus.
5.     Menentukan metode pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. 
Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.   Kegiatan awal merupakan kegiatan pembelajaran yang ditujukan un­tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. 
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di­lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang­kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Kegiatan  pembelajaran yang disusun dalam silabus, diuraikan pada kegiatan inti.
Kegiatan akhir merupakan kegiatan penutup yang dilakukan un­tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran,
6.     Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan.
7.     Menyusun perangkat penilaian meliputi  lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran, dll.
Penjelasan berikut merupakan contoh penyusunan RPP sesuai dengan langkah-langkah diatas.














               
                        Komponen RPP

Mengkaji SK,KD dan indicator




MateriPembelajaran
KegiatanPembelajaran
Alat, BahandanSumberBelajar
PenilaianHasilBelajar

TujuanPembelajaran
Metode
Indikator
StandarKompetensidanKompetensiDasar
Kegiatanawal
Kegiataninti
Kegiatanakhir
 








PENYUSUNAN RPP












Diagram Alur Penyusunan RPP
Komponen dan Format RPP  Isi dengan penjelasan pengisian
1.   Komponen RPP
a.    Identitas
Identitas RPP meliputi: satuan pendidikan, kelas, semester, Kompetensi Keahlian, mata pelajaran, jumlah pertemuan, dan alokasi waktu.  Satuan pendidikan diisi dengan nama SMK;  kelas diisi dengan tingkatan kelas dimana kompetensi akan diajarkan; semester diisi dengan nama semester dimana kompetensi akan diajarkan;  mata pelajaran diisi dengan nama mata pelajaran yang merupakan standar kompetensi;  jumlah pertemuan diisi dengan frekuensi pertemuan untuk RPP yang disusun;  alokasi waktu diisi dengan jumlah total waktu yang dibutuhkan untuk RPP bersangkutan @ 45 menit.
b.    Standar kompetensi
Standar kompetensi (SK) diisi  dengan rumusan SK pada silabus.
c.    Kompetensi dasar
Kompetensi dasar (KD) diisi  dengan rumusan KD silabus.
d.    Indikator pencapaian kompetensi
Indikator diisi dengan rumusan indikator silabus untuk setiap KD.
e.    Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk kata kerja operasional yang terukur.  Tujuan pembelajaran  diturunkan dari indikator atau merupakan jabaran lebih rinci dari indikator.
      Perumusan tujuan pembelajaran memperhatikan hal-hal berikut:
1)   Audience adalah peserta didik;
2)   Behaviour merupakan perubahan perilaku peserta didik yang diharapkan setelah mengikuti pembelajaran;
3)   Condition adalah prasyarat dan kondisi yang harus disediakan agar tujuan pembelajaran tercapai;
4)   Degreeadalahukurantingkatatau level kemampuan yang harusdicapaipesertadidik.

f.     Materi ajar
Materi ajar RPP merupakan uraian  lebih rinci dari materi pokok pembelajaran silabus.  Materi ajar dapat dirumuskan berdasarkan tujuan pembelajaran, karena  materi ajar harus  dapat mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran.
g.    Metode pembelajaran
Metode pembelajaran dirumuskan berdasarkan metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 


h.     Kegiatan pembelajaran
1)     Kegiatan awal
Kegiatan awal diisi antara lain dengan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari, tujuan dan manfaat yang akan diperoleh; pre-test atau hal lain guna mengkondisikan dan menyiapkan peserta didik untuk kegiatan pembelajaran.
2)  Kegiatan inti
Kegiatan inti diisi dengan uraian kegiatan yang lebih rinci dari kegiatan pembelajaran pada silabus.
3)     Kegiatan akhir
Kegiatan akhir dapat dirumuskan dalam bentuk kegiatan rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
i.      Alat, Bahan dan Sumber belajar
Alat, bahan dan sumber belajar diisi dengan seluruh fasilitas belajar yang digunakan dapat berupa antara lain bahan praktik, alat simulasi, bahan ajar dan sebagainya.

j.      Penilaian hasil belajar
Penilaian hasil belajar dapat dirumuskan berdasarkan teknik penilaian hasil belajar yang digunakan, dapat berupa tes, observasi, penugasan, dan portofolio.

           


CONTOH RPP


ANNOUNCEMENT
 




FOR ALL ENGLISH TEACHERS,
YOUR  SUPERVISOR WILL EXAMINE YOUR RPP / LESSON PLAN AFTER TWO WEEKS.  I WILL PUBLISH THE BEST ONE AS THE EXAMPLE.  
SO…………………….. BE READY FOR THAT
                    
THANK YOU
IF YOU HAVE  PROBLEM JUST CONTACT
0821175013368
      Email: lidiasulandari@gmail.com
                                       Facebook: sulandari sulandari
                                       Twitter: Lidia@25


f


 





NAMA SEKOLAH DAN GURU BINAAN 2013/2014
N0
NAMA SEKOLAH
NAMA GURU BINAAN
1
SMP N 1 Kota Metro
Sunanto, S.Pd., M.Pd
2
Juriah, S.Pd
3
Pariama Sihombing, S.Pd
4
Atik Damayanti, S.Pd
5
SMP N 2 Kota Metro
Syarifah, S.Pd
6
Bainah, S.Pd
7
Demsi Marpaung, S.Pd
8
Agustina Widiastuti, S.Pd
9
SMP N 3 Kota Metro
Gustin Darwis, S.Pd
10
Santi Budiwati, S.Pd, M.Pd
11
Hj. Nita Eryani, S.Pd
12
Dra. Yusnani
13
Iranita, S.Pd
14
Hj. Siti Maryam, S.Pd
15
SMP N 4 Kota Metro
Rustinawati, S.Pd
16
Aria Septi A, S.Pd
17
Ratminingsih, S.P
18
Theresia Lisu Datu, S.Pd
19
Hermiati, S.Pd
20
SMP N 5 Kota Metro
Hj. Imas Sabnah, S.Pd
21
Asih Kusminah, S.Pd
22
Jum’at, S.Pd
23
Tri Wihar S, S.Pd
24
SMP N 6 Kota Metro
Srikanarsih, S.Pd
25
Dwi Widodo, S.Pd
26
Siti Supinah, S.Pd
27
Makno
28

29

30
SMP N 7 Kota Metro
Retno HS, S.Pd, M.Pd
31
Ika Rokhmawati, S.Pd
32
Wagino, S.Pd
33
SMP N 8 Kota Metro
Siswanti, S.Pd
34
Agustinus Yuwono, S.Pd
35
Nora Damayanti, A.Md
36
SMP N 9 Kota Metro
Nurhayati, S.Pd
37
Adha M, S.Pd
38
Lia Apriani, S.Pd
39
Dariyanto, S.Pd
40
Rima Zopha, S.Pd
41
SMP N 10 Kota Metro
Mahyudin Effendi, S.Pd
42
Masfiadi, S.Pd
43
SMP Muhammadiyah I
Drs. Marwan Arifin
44
Riyanto, S.Pd
45
Al Hafidz Ibnu B, S.Pd
46
SMP Muhammadiyah 2
Gampil Waheni, S.Pd

47
SMP Muhammadiyah 3
Laila Qomariah, S.Pd
48
SMP Muhammadiyah 4
Heni Noviana, S.Pd
49
SMP Maarif 1

Maryani, S.Pd
50
Dellia Astuti, S.Pd
51
SMP Maarif 5

Jumilah, S.Pd
52
Sriyati, S.Pd.Ing
53
SMP Kartika

Mardiani, S.Pd
54
Muryani, S.Pd
55
Erni Ratnawati, S.S
56
Krisna Yanti, S.S
57
SMP Kristen 1
Ani Hermanissiwi, S.Pd
58
SMP TMI
Lena Hendiana, S.Pd
59
SMP Xaverius

W. Andaru Winardi
60
Fransisca Octi Wahyuni, S.Pd
61
SMP YPI 2

Sujimat, S.Ag
62
Ferry Anggi Irawan, S.Pd
63
SMP Yos Sudarso
Dewi Sartika, S.Pd













EDUCATION RULES

 



*    L
*    .
*    .
*    .
*    .
*    ..






Tidak ada komentar:

Posting Komentar