DINAS DIKBUDPORA
KOTA METRO
|
MonthIy
March
2014
|
ENGLISH COMMUNITY
BULLETIN
|
03
|
Edition
|
(Dra. LIDIA ENDI SULANDARI, M.Pd)
Preface
|
Praise to God, we can publish this
ENGLISH COMMUNITY BULLETIN for monthly - 3 March 2014.
This edition about SUPERVISION. This bulletin
will publish periodically in every month. Teachers can ask everything
about teaching English and sharing experience about that.
In the next edition we will talk about ASSESSMENT. Hope your suggestion to
make it better.
Thank you.
SUPERVISOR:
Dra. LIDIA
ENDI SULANDARI, M.Pd
NIP 19640725 199802
2 001
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN
PEMUDA DAN OLAHRAGA, KOTA METRO – LAMPUNG
|
SMP
Negeri 6 Metr
“Supervisi Akademik melalui
Email untuk Meningkatkan kinerja Guru.”
Oleh: Dra. Lidia Endi
Sulandari, M.Pd
(Pengawas Dinas DIKBUDPORA Kota Metro)
Reformasi
pendidikan yang ditandai dengan terbitnya berbagai undang-undang dan
peraturan terkait
dengan peningkatan mutu
pendidikan menempatkan possisi guru
sebagai subsistem penting
yang
memiliki peran strategis dalam meningkatkan proses pembelajaran dan mutu peserta didik,
karena itulah perlu
dilaksanakan berbagai
penyesuaian
dan salah
satunya adalah tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya melalui pelaksanaan penilaian
kinerja guru. Guru
sebagai pelaksana operasional
pendidikan yang secara langsung berinteraksi dengan peserta
didik. Oleh karena itu,
untuk dapat meningkatkan mutu hasil belajar peserta
didik di setiap jenjang pendidikan, diperlukan guru yang
memiliki kinerja yang baik. Sebagai subjek
yang bertugas menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, meneliti, mengembangkan, mengelola
serta memberikan pelayanan
teknis lainnya dalam bidang pendidikan, guru perlu
memahami tujuan pendidikan agar tidak
salah langkah dan dapat
mencapai tujuan pendidikan dengan efisien dan
efektif, karena salah satu faktor utama yang menentukan peningkatan mutu proses dan outcome pendidikan adalah guru. Disamping itu,
guru juga
dituntut konsistensi perilaku kerjanya sesuai dengan
aturan yang
berlaku.
Dengan kata
lain
guru
harus
memiliki
kompetensi, kinerja yang baik dan etos
kerja yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya. Delapan etos kerja profesional yaitu:
Etos kerja adalah rahmat, aku bekerja tulus penuh syukur; etos kerja adalah
amanah, aku bekerja benar penuh tanggung jawab; etos kerja adalah panggilan,
aku bekerja tuntas penuh integritas; etos kerja adalah aktualisasi, aku bekerja
keras penuh semangat; etos kerja adalah ibadah, aku bekerja serius penuh
kecintaan; etos kerja adalah seni, aku bekerja cerdas penuh kreativitas, etos
kerja adalah kehormatan, aku bekerja tekun penuh keunggulan, etos kerja adalah
pelayanan, aku bekerja sempurna penuh kerendahan hati (Jansen Sinamo).
Hal inilah yang mendasari
Permenegpan dan RB no 16 Tahun 2009 yaitu
Untuk memiliki kinerja yang baik,
seorang guru harus memiliki motivasi
diri
yang
tinggi dan kemauan untuk tetap belajar agar dapat melaksanakan tanggungjawabnya dengan baik
dan
kinerjanya tetap terpelihara dengan memiliki etos kerja. Hal lain yang tidak
bisa diabaikan adalah guru juga
perlu bimbingan
dan
arahan
dari
seorang pengawas yang
tugasnya adalah
memberikan pembinaan kepada
guru
dan kepala
sekolah dalam menjalankan tugasnya
melalui supervisi kepada guru dan kepala sekolah binaannya.
Pada intinya fokus dari kegiatan supervisi adalah memberdayakan para guru dan personil yang berhubungan dengan pendidikan untuk mencapai
proses pembelajaran yang lebih baik melalui dorongan dan bimbingan dari supervisor/pengawas. Dalam konteks sekolah sebagai sebuah organisasi pendidikan, supervisi merupakan bagian dari proses
administrasi dan manajemen. Kegiatan
supervisi melengkapi fungsi-fungsi administrasi yang ada di sekolah sebagai fungsi terakhir, yaitu penilaian
terhadap semua kegiatan dalam upaya
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dengan supervisi, akan memberikan inspirasi untuk bersama-sama menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dengan
jumlah lebih banyak, waktu lebih cepat, cara lebih mudah, dan hasil yang lebih
baik daripada apabila dikerjakan sendiri.
Supervisi memiliki peran mengoptimalkan
tanggung jawab dari semua program.
Supervisi berkaitan erat dengan semua upaya penelitian yang tertuju pada semua aspek yang merupakan faktor penentu keberhasilan. Dengan mengetahui kondisi aspek-aspek tersebut
secara rinci dan akurat, dapat
diketahui dengan tepat pula apa yang diperlukan
untuk meningkatkan kualitas atau mutu organisasi yang dimaksud. Tentunya, kegiatan supervisi tentu tak lepas dari kinerja pengawas
(supervisor) satuan pendidikan yang profesional dalam konteks kinerja
pengawas di sekolah. Kinerja pengawas satuan
pendidikan yang profesional tampak
dari
unjuk kerjanya sebagai pengawas dalam melaksanakan
tugas pokok dan fungsinya menampilkan prestasi
kerja atau performance (kinerja) hasil
kerja yang baik, serta berdampak pada peningkatan prestasi
dan
mutu sekolah binaannya.
Penulis adalah pengawas untuk mata pelajaran Bahasa Inggris di Kota Metro terdapat 22 sekolah Negeri dan Swasta. Sedangkan
guru binaan penulis adalah 63 orang yang tersebar di
22 sekolah. Jarak antara sekolah dengan pusat
kota
cukup bervariasi, ada yang hanya 0,5 km, rata-rata mencapai 5 Km dengan medan yang
tidak sulit ditempuh. Untuk melaksanakan pembinaan pada sekolah yang tersebar di 22 sekolah, tentu diperlukan suatu
tekhnik atau upaya yang efektif
dan efisien untuk melaksanakan pembinaan.
Walaupun sekolah binaan cukup banyak dan intensitas visitasi terkendala tetapi guru-guru
bahasa Inggris tetap mendapatkan pembinaan.
Berdasarkan
pengamatan dan wawancara pada
saat pra
observasi secara acak
terhadap
beberapa
guru ternyata masih ditemui
adanya beberapa guru yang perlu
informasi terbaru, masih perlu bimbingan dan arahan dari
pengawas karena tidak semua guru aktif mencari informasi baru. Melalui Email diharapkan akan membantu
guru
dalam
melaksanakan
tugas pokok dan fungsinya serta pengawas
merasa dekat
dengan guru begitupun sebaliknya. Dimanapun dan kapanpun
guru dapat
mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan karena peran pengawas sebagai mitra
guru memberikan kontribusi
yang besar bagi peningkatan kompetensi dan kinerja guru.
Purwanto (2001:76)
mengemukakan bahwa supervisi
pendidikan
adalah segala bantuan
dari
para pimpinan sekolah yang
tertuju pada perkembangan guru-guru dan personil lainnya di dalam mencapai
tujuan-
tujuan pendidikan. Ia berupa dorongan,
bimbingan dan kesempatan bagi pertumbuhan keahlian
dan
kecakapan guru-guru seperti bimbingan dalam usaha dan pelaksanaan pembaharuan-pembaharuan dalam pendidikan dan pengajaran,
pemilihan
alat-alat pengajaran dan metode-metode
mengajar
yang
lebih
baik, cara-cara penilaian yang
sistematis terhadap
fase seluruh proses pengajaran, dan sebagainya.
Supervisi akademik harus dilakukan secara berkesinambungan. Supervisi akademik bukan tugas bersifat sambilan yang hanya dilakukan sewaktu-
waktu jika ada kesempatan.
Apabila guru telah berhasil mengembangkan dirinya tidaklah berarti selesailah
tugas supervisor, melainkan
harus tetap dibina secara berkesinambungan. Hal ini logis, mengingat
problema
proses pembelajaran selalu muncul dan berkembang. Oleh karena itu, supervisi akademis
melaui email menjadi salah satu solusi untuk membina guru secara
berkesinambungan, sebagai upaya meningkatkan kinerja guru yang lebih
berkualitas dan memilki etos kerja yang tinggi untuk mencapai satu titik
keberhasilan dalam dunia pendidikan. Supervisi akademik harus konstruktif. Supervisi akademik bukanlah untuk
mencari kesalahan-kesalahan guru, melainkan untuk
mengembangkan pertumbuhan dan kreativitas guru dalam memahami dan memecahkan
problem-problem
akademik
yang dihadapi.
Kepada para guru agar senantiasa meningkatkan pengetahuan khususnya
dalam hal pemanfaatan ilmu
teknologi (IT) karena perkembangan teknologi begitu pesatnya oleh karena itu dapat
dimanfaatkan untuk pembelajaran.
Melalui email, pengawas sekolah menciptakan upaya- upaya yang
kreatif dalam melakukan pembinaan sehingga guru tidak
merasa
jenuh karena metode
pembinaan
yang
komunikatif, inovatif, kreatif dan
efektif. Intinya supervisi
akademik melalui email tidak hanya bermanfaat bagi guru tetapi
juga bagi
pengawas.
Pembinaan
di SMP Negeri 6 Metro
ANNOUNCEMENT
|
FOR ALL ENGLISH TEACHERS,
YOUR
SUPERVISOR WILL ASK YOU
ABOUT AN ARTICLE OF EDUCATION AFTER TWO WEEKS. I WILL PUBLISH THE BEST ONE AS THE
EXAMPLE.
SO…………………….. BE READY FOR THAT
THANK YOU
IF YOU
HAVE PROBLEM JUST CONTACT
0821175013368
Email: lidiaendi@yahoo.co.id
Email: lidiasulandari@gmail.com
Facebook: sulandari sulandari
Twitter: Lidia@25
f
|
NAMA SEKOLAH DAN GURU BINAAN 2013/2014
N0
|
NAMA SEKOLAH
|
NAMA GURU BINAAN
|
1
|
SMP
N 1 Kota Metro
|
Sunanto, S.Pd., M.Pd
|
2
|
Juriah, S.Pd
|
|
3
|
Pariama Sihombing, S.Pd
|
|
4
|
Atik Damayanti, S.Pd
|
|
5
|
SMP
N 2 Kota Metro
|
Syarifah, S.Pd
|
6
|
Bainah, S.Pd
|
|
7
|
Demsi Marpaung, S.Pd
|
|
8
|
Agustina Widiastuti, S.Pd
|
|
9
|
SMP
N 3 Kota Metro
|
Gustin Darwis, S.Pd
|
10
|
Santi Budiwati, S.Pd, M.Pd
|
|
11
|
Hj. Nita Eryani, S.Pd
|
|
12
|
Dra. Yusnani
|
|
13
|
Iranita, S.Pd
|
|
14
|
Hj. Siti Maryam, S.Pd
|
|
15
|
SMP
N 4 Kota Metro
|
Rustinawati, S.Pd
|
16
|
Aria Septi A, S.Pd
|
|
17
|
Ratminingsih, S.P
|
|
18
|
Theresia Lisu Datu, S.Pd
|
|
19
|
Hermiati, S.Pd
|
|
20
|
SMP
N 5 Kota Metro
|
Hj. Imas Sabnah, S.Pd
|
21
|
Asih Kusminah, S.Pd
|
|
22
|
Jum’at, S.Pd
|
|
23
|
Tri Wihar S, S.Pd
|
|
24
|
SMP
N 6 Kota Metro
|
Srikanarsih, S.Pd
|
25
|
Dwi Widodo, S.Pd
|
|
26
|
Siti Supinah, S.Pd
|
|
27
|
Makno
|
|
28
|
||
29
|
||
30
|
SMP
N 7 Kota Metro
|
Retno HS, S.Pd, M.Pd
|
31
|
Ika Rokhmawati, S.Pd
|
|
32
|
Wagino, S.Pd
|
|
33
|
SMP
N 8 Kota Metro
|
Siswanti, S.Pd
|
34
|
Agustinus Yuwono, S.Pd
|
|
35
|
Nora Damayanti, A.Md
|
|
36
|
SMP
N 9 Kota Metro
|
Nurhayati, S.Pd
|
37
|
Adha M, S.Pd
|
|
38
|
Lia Apriani, S.Pd
|
|
39
|
Dariyanto, S.Pd
|
|
40
|
Rima Zopha, S.Pd
|
|
41
|
SMP N 10 Kota
Metro
|
Mahyudin Effendi, S.Pd
|
42
|
Masfiadi, S.Pd
|
|
43
|
SMP Muhammadiyah I
|
Drs. Marwan Arifin
|
44
|
Riyanto, S.Pd
|
|
45
|
Al Hafidz Ibnu B, S.Pd
|
|
46
|
SMP Muhammadiyah 2
|
Gampil Waheni, S.Pd
|
47
|
SMP Muhammadiyah 3
|
Laila Qomariah, S.Pd
|
48
|
SMP Muhammadiyah 4
|
Heni Noviana, S.Pd
|
49
|
SMP Maarif 1
|
Maryani, S.Pd
|
50
|
Dellia Astuti, S.Pd
|
|
51
|
SMP Maarif 5
|
Jumilah, S.Pd
|
52
|
Sriyati, S.Pd.Ing
|
|
53
|
SMP Kartika
|
Mardiani, S.Pd
|
54
|
Muryani, S.Pd
|
|
55
|
Erni Ratnawati, S.S
|
|
56
|
Krisna Yanti, S.S
|
|
57
|
SMP Kristen 1
|
Ani Hermanissiwi, S.Pd
|
58
|
SMP TMI
|
Lena Hendiana, S.Pd
|
59
|
SMP Xaverius
|
W. Andaru Winardi
|
60
|
Fransisca Octi Wahyuni,
S.Pd
|
|
61
|
SMP YPI 2
|
Sujimat, S.Ag
|
62
|
Ferry Anggi Irawan, S.Pd
|
|
63
|
SMP Yos Sudarso
|
Dewi Sartika, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar